TIPS CARA MERAWAT MOBIL SUPAYA AWET

Cara merawat mobil supaya awet - Bagi Anda yang baru mempunyai mobil ataupun yang sudah lama mempunyai mobil terkadang belum begitu memahami tentang seluk beluk bagaimana cara merawat mesin maupun body mobil supaya awet. 

Berikut adalah tips sederhana bagaimana cara merawat mobil supaya lebih awet aman serta nyaman untuk kita kendarai.

TIPS CARA MERAWAT MOBIL BAGI PEMULA


Bagi pemilik mobil sekaligus sebagai driver atau pengendara mobil tentunya  menginginkan supaya kendaraan mobil yang Anda miliki tetap awet serta nyaman dalam jangka waktu yang lebih lama. 
Cara merawat mobil supaya awet


Selain itu, mobil yang selalu terawat juga akan mempunyai nilai atau harga yang lebih tinggi seandainya akan dijual ke tangan orang lain. Para pengguna dan pemilik mobil harus melakukan perawatan kendaraan secara rutin dan berkala supaya tetap terawat, baik perawatan secara pribadi bagi yang sudah paham seluk beluk mesin mobil, maupun dengan melakukan servis secara berkala ke bengkel umum maupun bengkel resmi dealer mobil.
Nah berikut ini beberapa tips cara perawatan mobil pribadi Anda, agar supaya kendaraan mobil kesayangan Anda selalu nyaman dan mesin dalam kondisi prima:

1. Rajin Mengecek Oli Mesin Mobil


Umumnya penggantian oli mesin mobil wajib diganti setiap 5.000 - 10.000 kilometer. yaitu untuk memastikan mesin kendaraan mobil Anda tetap bekerja dengan optimal. Ada salah salah satu cara yang umum dilakukan orang untuk mengetahui oli mobil apakah sudah harus diganti atau belum yaitu dengan meneteskan oli di tangan, apabila terasa ada serpihan atau kotoran halus maka sudah waktunya oli mobil Anda harus diganti

2. Kopling Mobil Dipastikan Masih Berfungsi Normal


Tips bagi pemilik mobil dengan transmisi manual, pastikan kampas kopling masih normal, jika kampas mulai aus akan menyebabkan perpindahan gigi akan terasa lebih berat atau susah. Jika sudah aus segera ganti kampas kopling mobil Anda.

3. Cek Air Radiator, Jangan Sampai Berkurang atau Kosong


Rutinlah untuk megecek dan memastikan isi air di tabung radiator dapat bekerja dengan baik. Fungsi dari air radiator adalah untuk mendinginkan mesin pada saat mesin sedang bekerja supaya mesin mobil tidak terlalu panas (overheat). R

4. Pastikan Kabel dan Lampu Aman


Pastikan seluruh kabel dan lampu mobil Anda dalam kondisi normal, lakukan pemeriksaan kondisi kabel serta lampu mobil Anda secara rutin.

5. Pastikan Aki Mobil Masih Normal


Anda harus melakukan pengecekan rutin dan berkala dan pastikan air pada aki pada level yang aman jangan sampai kehabisan/kosong dan cara lain dengan mengukur tegangan aki menggunakan voltmeter. Apabila aki sudah tidak normal lagi, segera ganti dengan aki mobil yang baru.

Demikan pembahasan singkat mengenai tips sederhana bagaimana cara merawat mobil Anda supaya awet. Disamping beberapa tips diatas, tentu saja Anda juga harus memperhatikan kondisi ban ataupun karet wiper dan komponen mobil lainnya supaya tetap aman dan terkendali apabila terjadi kerusakan ringan maupun sedang, supaya tidak berakibat fatal untuk keselamatan Anda dalam mengendarai mobil. 
Semoga bermanfaat.