PRINSIP DAN UNSUR MANAJEMEN

PRINSIP DAN UNSUR MANAJEMENSecara umum, pengertian manajemen merupakan serangkaian suatu proses yang dilakukan dalam mengatur kegiatan yang dikerjakan baik individu ataupun kelompok dalam suatu organisasi. Manajemen dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi target yang akan dicapai oleh sebuah organisasi tersebut dengan cara mengoptimalkan segala sumber daya yang ada.

Prinsip dan unsur manajemen

Selanjutnya mari kita bahas tentang prinsip-prinsip manajemen serta unsur yang ada dalam manajemen sebagai berikut:

Prinsip Manajemen

Prinsip Manajemen adalah  suatu dalil umum yang dapat disimpulkan dari proses menggerakkan orang-orang dan menggerakkan fasilitas-fasilitas, yang berlaku sebagai dasar petunjuk bagi seseorang dalam melakukan perbuatan-perbuatan atau menjalankan tindakannya untuk mencapai tujuan yang dikehendaki

Satu-satunya yang membahas mengenai prinsip-prinsip manajemen adalah Henry Fayol terdapat 14 prinsip, diantaranya :  Pembagian Kerja (Disition of Labour), Kekuasaan (wewenang) dan tanggung jawab (Authority and Responsibility), Disiplin (Dicipline),  Kesatuan perintah (unity of command), Kesatuan Arah (Unity of Direction), Kepentingan individu harus berada di bawah kepentingan umum ( Subordinate of individual interest to general interest), Pembayaran upah yang adil (remuneration of personal), Pemusatan (Sentralisation), Rantai Skala atau Scalar Chain (line of authority), Tata tertib (order), Keadilan (equity), Stabilitas pegawai (Stability 0f tenure of personal), Inisiatif (initiative), dan Jiwa kesatuan (Esprits de corps).

Unsur Manajemen

Dalam manajemen dikenal ada 6 (enam) unsur dalam manajemen yang biasa dikenal dengan istilah 6 M yaitu man, methods, machines, money, material, dan market. Man (manusia). Dari ke enam unsur manajemen tersebut, Unsur manajemen yang paling penting dalam mencapai tujuan perusahaan adalah Man atau sumber daya manusia. 

Berikut ini pembahasan tentang unsur-unsur dalam manajemen 6 M sebagai berikut:
Methods (metode) adalah unsur manajemen yang diperlukan untuk mengatur prosedur maupun standar operasional berjalannya suatu kegiatan organisasi.

Machines (mesin) adalah unsur manajemen yang berupa barang. Mesin dapat berupa peralatan logistik maupun teknologi yang dibutuhkan dalam suatu kegiatan.

Materials (bahan) adalah unsur manajemen berupa bahan baku yang dibutuhkan dalam suatu kegiatan.

Money (uang) merupakan unsur yang mendasari semua kegiatan. Uang jarus dikelola dengan bijak dan efisien.

Market (pasar) adalah unsur selanjutnya dari manajemen terutama untuk bisnis atau usaha.

Bidang-bidang Manajemen

Bidang-bidang dalam manajemen sebagai berikut:

a.  Manajemen Produksi adalah pelaksanaan kegiatan-kegiatan manajerial seperti planning (perencanaan), Organizing (Pengorganisa­sian), actuaiting (Penggerakan) dan Controlling (Pengawasan), terhadap sistem-sistem produksi dengan tujuan agar produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien.

b.  Manajemen Pemasaran (Marketing Management) adalah penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan penciptaan dan penyerahan barang atau jasa kepada konsumen atau masyarakat, agar dapat memperluas pasar bagi kemajuan suatu perusahaan ataupun industri.

c. Manajemen Personalia atau Manajomen Sumber Daya Manusia (SDM) adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dalam hal pengadaan, pengembangan, pemberi­an kompensasi, pengintegrasian dan pemeliharaan terhadap sumber daya manusia secara terpadu untuk mencapai tujuan organisasi.

d. Manajemen Keuangan adalah aktivitas dari pada fungsi manajemen untuk menyediakan segala kebutuhan finansial yang berkaitan dengan operasional perusahaan dan organisasi.

e. Manajemen Administrasi/Akuntansi adalah cara mengajukan infor­masi mengenai administrasi atau akuntansi sedemikian rupa sehingga dapat membantu manajemen dalam menentukan garis-garis kebijaksanaan dan operasional sehari-hari dari pada suatu usaha.

Baca Juga: Definisi Manajemen Menurut Para Ahli

Demikianlah pembahasan singkat tentang Prinsip dan unsur manajemen, semoga bermanfaat.