Apa Saja Kemampuan Utama Performance Software?

Tugas dan pekerjaan HRD dikenal memakan waktu yang cukup lama. Sudah bukan rahasia umum jika HRD sering dibuat pusing kepala karena tugas administrasi yang menyulitkan, sementara tugas analisis akhirnya menjadi keteteran. Padahal pengelolaan karyawan tidak kalah penting jika disandingkan dengan tugas administrasi yang lain. Solusinya, HRD bisa menggunakan performance software yang membuat pengelolaan kinerja jauh lebih efektif.

Performance software merupakan perangkat lunak yang mampu memfasilitasi performance management atau manajemen kinerja  khusus untuk Sumber Daya Manusia (SDM). Nah, apa saja kemampuan utama dari performance software? Mari simak ulasannya di bawah ini! 


 

Menyimpan Data Kinerja Karyawan

Data kinerja karyawan termasuk KPI dan sebagainya pasti sangat banyak dari berbagai divisi. Sangking banyaknya, biasanya HRD merasa kesulitan untuk menyimpan data kinerja karyawan secara sistematis. Hal ini akan menyulitkan HRD ketika membutuhkan akses dari data kinerja tersebut.

Untungnya performance software dapat memfasilitasi penyimpanan yang sistematis menggunakan database berbasis cloud. Sistem penyimpanan ini menjamin keamanan dan kerahasiaan data karyawan, di mana hanya orang tertentu seperti staff HRD dan manajer yang punya akses ke dalam sistem.

Mengukur Kinerja Karyawan

Pengukuran kinerja karyawan adalah hal yang terpenting bagi perkembangan kualitas karyawan. Mengapa demikian? Karena dengan pengukuran yang berkelanjutan, karyawan dan manajer akan saling meninjau kinerja masing-masing. Dari penilaian tersebut, karyawan dapat memahami aspek kekurangan dan kelebihan dari pekerjaannya.

Jika perusahaan menggunakan penilaian berbasis software, HRD dapat melakukan penilaian kinerja serentak untuk banyak karyawan sekaligus. Tidak hanya itu, penilaian juga bisa dilakukan lebih efisien karena tidak perlu lagi mengandalkan dokumen kertas yang mengganggu. Semua hasil penilaian dan pengukuran kinerja dapat dibandingkan dengan periode kerja sebelumnya.

Menyusun dan Merancang Survei Karyawan

Pendapat dan kepuasan kinerja karyawan cukup krusial bagi perkembangan bisnis. Karena karyawanlah yang paling erat dengan keseharian operasional perusahaan. HRD perlu menghimpun beberapa informasi seputar kepuasan kerja dan pendapat karyawan mengenai perusahaan melalui survei karyawan.

Performance software dapat membantu HRD dalam menyusun survei karyawan untuk banyak personil dari tiap divisi. Setelah semua data dihimpun, HRD dapat menganalisis bagaimana keterkaitan, kepuasan, dan pendapat karyawan mengenai perusahaan. Kemudian hasil analisis akan digunakan untuk penyusunan strategi yang sama-sama menguntungkan pihak karyawan dan perusahaan.

Membuat Laporan Kinerja

Setelah selesai melakukan penilaian kinerja, hal selanjutnya yang perlu HRD lakukan adalah menyusun laporan kinerja karyawan. Penyusunan laporan kinerja ini sering kali menyita waktu lama. Namun, software performance dapat mengatasi itu semua. Sistem dari software performance dapat membuat laporan kinerja secara otomatis yang tampilan dan komponennya dapat disesuaikan dengan kebutuhan user.

Jika dilihat dari 4 kemampuan utama dari software performance, maka tak heran jika banyak perusahaan modern mulai beralih dari pengelolaan kinerja manual ke software. Contoh software pengelolaan kinerja yang cukup populer di kalangan perusahaan adalah dari LinovHR. LinovHR sendiri merupakan vendor Software HRD terkemuka yang berpengalaman dalam membantu pengelolaan karyawan.

Sekian ulasan singkat di atas, semoga dapat membantu!