Tips Investasi Untuk Pemula Yang Harus Kamu Ketahui

Tips Investasi Untuk Pemula Yang Harus Kamu Ketahui. Apa saja strategi investasi bagi pemula yang harus Anda ketahui? Kamu pasti pernah mendengar tentang investasi. Kata yang sering dikaitkan dengan jalan pintas menuju kekayaan. Di internet juga tersebar banyak tips investasi untuk pemula. Tapi apakah benar demikian? Bila investasi merupakan jalan menuju kebebasan finansial, mengapa banyak investor yang gagal?

tips_investasi_untuk_pemula
Tips Investasi untuk Pemula

Sederhananya, investasi adalah menempatkan uang kita di dalam usaha orang lain, di mana nanti kita bisa mengambil keuntungan bagi hasil yang sudah disetujui. Tapi investasi sendiri tidak terikat hanya dengan menanamkan modal saja. Banyak bentuk investasi dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di sinilah permasalahannya, seringkali orang langsung berinvestasi begitu saja tanpa persiapan yang matang.

Tips Investasi untuk Pemula


Kalau kamu adalah pemula atau mencari investasi dengan modal kecil, baca tulisan ini ya. Kami akan membahas beberapa tips untuk kamu sebagai investor pemula. Selain agar hasil investasimu sesuai yang diharapkan, juga mencegahmu untuk gagal secara finansial. Bagaimana, sudah siap menjadi investor simak tips investasi dari AkuntansiLengkap.com berikut ini?

1. Riset


Seperti usaha yang lain, investasi juga butuh riset. Apa saja yang perlu diriset? Dua yang paling utama adalah kecocokan antara minat kita dengan bidang tempat kita akan menanam modal. 

Kalau masih bingung, coba datanglah ke Bank yang menjual jasa investasi atau ngobrol langsung dengan CS jasa investasi online. 

Mereka akan dengan senang hati menjelaskan dan merekomendasikan investasi yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

2. Pertimbangkan Resikonya


Ini penting sekali. Setelah kamu banyak tanya dan baca, biasanya akan mendapatkan banyak gambaran tentang investasi. 

Hukum yang berlaku di sini adalah high risk-high reward. Mau untung besar? Berinvestasilah di bidang yang resiko untung-rugi nya tinggi. 

Tapi untuk pemula, kami sarankan memilih yang cenderung aman semisal investasi reksadana. Ini cocok sebagai investasi untuk mahasiswa karena minim resiko.

3. Waktu & Tujuan


Kapan kamu ingin menikmati hasil investasimu? Sesuaikan ini dengan tujuanmu berinvestasi. Apakah untuk menyiapkan pendidikan si kecil? Untuk membeli properti? Atau untuk dana pensiun? Dengan mengetahui tujuan dan lamanya waktu investasi, akan memudahkanmu dalam memilih jenis investasi. Misalnya, kamu memilih investasi emas untuk digunakan sebagai biaya masuk sekolah.

4. Dana


Berapa dana yang sanggup kamu keluarkan untuk investasi setiap bulannya? Idealnya, seorang investor harus bisa menyisihkan minimal 10% dari pendapatan bulanannya untuk investasi. 

Bila belum sanggup menyisihkan 10% dari pendapatan rutin, kamu bisa mulai dengan jenis investasi modal kecil atau silahkan berkonsultasi dengan petugas investasi agar kamu mendapatkan saran jenis investasi lain yang bisa diambil.

Mulai Investasi Sekarang Juga


Bagi beberapa orang, investasi adalah hal yang mudah. Tinggal datang ke Bank bagian pelayanan investasi atau melakukan investasi online, lalu segera memulai. Tapi untuk beberapa orang yang lain, ini sangat susah. Bisa karena pertimbangan sumber dana, ragu apakah investasi ini berhasil atau tidak, dan lain-lain.

Kalau kamu tipe orang yang kedua (ingin mulai investasi tapi banyak pertimbangan), cobalah untuk melakukan tips yang pertama: riset. Kamu bisa datang ke Bank atau mengobrol langsung dengan orang-orang yang kompeten. Dengan demikian diharapkan kamu bisa tahu model investasi yang akan diambil, seberapa jauh resiko dan keuntungannya, mau berapa lama investasinya sebelum diambil.

Investasi memang bisa menjadi tangga menuju gerbang kesuksesan, jika disertai dengan persiapan, perhitungan dan langkah yang benar. Tanpa ketiganya, investasi yang kamu lakukan lebih mirip judi ketimbang usaha karena hanya akan bergantung pada faktor keberuntungan semata. Lakukan empat tips investasi untuk pemula di atas sebagai langkah awal menjadi seorang investor handal. Selamat mencoba