RANGKUMAN MATERI EKONOMI SMA: PENDAPATAN NASIONAL

Pengertian

Pendapatan Nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga disuatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi selama satu tahun.

Konsep Pendapatan

Pendapatan Nasional (National Income) merupakan salah satu ukuran keberhasilan perekonomian suatu negara.

Pengertian tentang Pendapatan Nasional dapat dilihat dari pandangan:

1.  Produk Nasional Bruto (Gross National Product) yaitu keseluruhan barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu masyarakat dalam waktu satu tahun.
2.  Pendapatan Nasional Bruto (Gross National Income) yaitu keseluruhan pendapatan yang diterima oleh suatu masyarakat dalam waktu satu tahun.

Macam-Macam Pendapatan Nasional

1.   Gross National Product (GNP)
Gross National Product atau Pendapatan Nasional Bruto ialah seluruh produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat dalam waktu satu tahun termasuk produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara yang berada di luar negeri yang dinilai dengan uang.
2.   Net National Product (NNP)
Net National Product atau Pendapatan Nasional Netto adalah jumlah barang-barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu masyarakat dalam suatu negara.
3.   Net National Income (NNI)
Net National Income atau adalah jumlah nilai yang diterima oleh pemilik faktor produksi (yang diserahkannya) sebagai balas jasa dalam waktu satu tahun atau NNI adalah NNP dikurangi pajak tidak langsung.
4.   Personal Income (PI)
Personal Income atau Pendapatan Perorangan adalah semua jenis pendapatan yang diterima oleh setiap orang dalam masyarakat/negara, termasuk pendapatan yang diperoleh tanpa melakukan pengorbanan.
5.   Disposible Income (DI)
Disposible Income atau Pendapatan Berdayabeli adalah pendapatan perseorangan setelah dikurangi pajak langsung.