GOLONGAN PENJUAL DAN PEMBELI (SUB MARGINAL, MARGINAL, SUPER MARGINAL)

;

GolonganPenjual dan Pembeli - Konsumen (pembeli) dan Produsen (penjual) dapat digolongkan/dikelompokkan masing-masing menjadi tiga macam: Pembeli Marginal, Pembeli Marginal, Pembeli Sub Marginal. Golongan Penjual: Penjual Super Marginal, Penjual Marginal, Penjual Sub Marginal

Di lain pihak ada penjual yang tidak dapat menjual barangnya, karena jika mengikuti harga pasar akan rugi.

Golongan Penjual dan Pembeli - Oleh sebab itu, pembeli dan penjual digolongkan masing-masing menjadi tiga macam. 
a.Golongan Pembeli 
1)Pembeli marjinal, yaitu pembeli yang mempunyai tenaga beli sama dengan harga pasar. 2)Pembeli supermarjinal, yaitu pembeli yang mempunyai tenaga beli di atas harga pasar. Pembeli ini memiliki kelebihan kesediaan untuk membayar harga barang yang ada di pasar atau mereka yang menerima premi konsumen (Consumer's Rent). .
3)Pembeli submarjinal, yaitu pembeli yang mempunyai tenaga beli di bawah harga pasar. Pembeli ini tidak dapat ikut serta membeli barang.

b.Golongan Penjual 
1)Penjual marjinal, yaitu penjual yang mempunyai harga pokok sama dengan harga pasar. 26 2)Penjual supermarjinal, yaitu penjual yang mempunyai harga pokok di bawah harga pasar. 3)Penjual submarjinal, yaitu penjual yang mempunyai harga pokok di atas harga pasar. Kurva golongan pembeli dan penjual.
 Itulah pembahasan singkat tentang Golongan Penjual dan Pembeli, semoga bermanfaa.

Categories:

MATERI DAN ARTIKEL LAIN YANG BERKAITAN.......