Penyebab Kelangkaan Kebutuhan dan Sumber Daya

;


Penyebab Kelangkaan Kebutuhan dan Sumber Daya

Masalah ekonomi timbul dan berkembang seiring dengan semakin majunya kehidupan masyarakat. Semakin maju kehidupan masyarakat, semakin beraneka ragam kebutuhan hidup yang muncul. Selain itu, manusia mempunyai sifat tidak pernah merasa puas sehingga kebutuhannya akan terus bertambah tanpa ada batasnya. 
 
Kelangkaan sumber daya dan barang/ jasa disebabkan oleh beberapa hal berikut :
a.  Bencana alam
Bencana alam seperti tsunami, gempa dan banjir merusak sumber daya dan barang/ jasa sehingga sumber daya dan barang/ jasa tersebut tidak dapat digunakan lagi.
b.   Keterbatasan kemampuan manusia
Kemampuan manusia yang terbatas dalam mengolah barang-barang modal y
ang disediakan akan dapat yang menimbulkan kelangkaan. Karena keterbatasan ini hanya sedikit barang yang dihasilkan, sedangkan kebutuhan manusia terus meningkat.
c.   Banyaknya sumber daya yang rusak karena keserakahan manusia
Ulah manusia bisa menyebabkan kelangkaan sumber daya yang akhirnya dapat menyebabkan kelangkaan barang/ jasa. Salah satu contoh penebangan liar (illegal logging) yang mengakibatkan gundulnya hutan.
d.   Kebutuhan yang tidak terbatas
Kenyataan menunjukkan bahwa kebutuhan manusia terus berkembang sesuai dengan kodrat manusia yang selalu merasa kurang namun penyediaan kebutuhan (barang/ jasa) dibatasi oleh kemampuan yang terbatas.
e.    Jumlah benda pemuas kebutuhan yang disediakan alam terbatas
Sebagian besar benda yang disediakan alam harus diolah untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia. barang yang akan dikonsumsi manusia harus melalui proses pemanfaatan ilmu dan teknologi. 

 Demikian sekilas pembahasan tentang Penyebab Kelangkaan sumber daya dan barang/ jasa

Categories:

MATERI DAN ARTIKEL LAIN YANG BERKAITAN.......