MOTIF EKONOMI

;

Motif ekonomi - Berikut ini pembahasan materi tentang berbagai jenis motif ekonomi dalam kehidupan sehari-hari antara lain: Motif untuk memenuhi kebutuhan, Motif memperoleh keuntungan, Motif memperoleh kekuasan,  Motif memperoleh penghargaan serta Motif sosial.  

Dalam melaksanakan kegiatan ekonomi ada beberapa hal yang mendorong untuk melakukan kegiatan ekonomi ( Motif Ekonomi ) antara lain:

a.   Motif untuk memenuhi kebutuhan
Tindakan ekonomi dilakukan oleh manusia terutama ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup, baik kebutuhan pokok maupun kebutuhan yang lainnya (bukan kebutuhan pokok) tujuan lebih lanjut adalah kemakmuran dirinya.

b.   Motif memperoleh keuntungan
Motif mencari keuntungan atau laba merupakan motif ekonomi dengan maksud untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran individu. Bagi perusahaan bertujuan untuk menjaga kelangsungan dan mengembangkan perusahaan.

c.   Motif memperoleh kekuasan
Motif ini ditujukan untuk memperoleh kekuasaan/monopoli. Bagi perusahaan monopoli ditujukan untuk memupuk laba sedangkan bagi pemerintah ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

d.   Motif memperoleh penghargaan
Motif lain bagi seseorang melakukan tindakan ekonomi agar menjadi orang terpandang dalam masyarakat karena orang yang kaya sering mendapat penghargaan dan kedudukan yang lebih tinggi.

e.   Motif sosial
Motif sosial ini merupakan keinginan untuk menolong orang lain atau sesama hidup. Misalnya dengan mendirikan yayasan pendidikan, panti asuhan, menyantuni fakir miskin, menyumbang pendirian tempat ibadah.

Itulah pembahasan materi tentang berbagai motif ekonomi dalam kehidupan sehari-hari

Categories:

MATERI DAN ARTIKEL LAIN YANG BERKAITAN.......