BADAN-BADAN KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL

;

Berikut ini adalah Badan-Badan Kerjasama Ekonomi Internasional.

1.   IMF (International Monetary Fund) atau Dana Moneter Inter­nasional.
Badan ini lahir pada tanggal 27 Desember 1945 setelah diadakan Konferensi di Bretton Woods, Amerika. Dengan maksud untuk melancarkan kembali moneter internasional yang meliputi Penetapan kurs devisa, pemeliharaan kurs devisa, membantu negara anggota dalam menghadapi kesulitan neraca pembayaran, memberi saran pencegahan inflasi dan sebagainya. 

2. IBRD (International Bank for Reconstruction and Development) atau World Bank (Bank Dunia)
IBRD atau Bank Dunia didirikan pada tanggal 27 Desember 1945 dengan tujuan untuk membantu pembiayaan usaha-usaha pembangunan dan perkembangan negara-negara anggotanya dengan me­mudahkan penanaman modal untuk tujuan yang produktif. Atau singkatnya IBRD bertugas untuk menangani masalah investasi internasional.

3.  ITO (International Trade Organisation) atau Organisasi Pen­dagangan Internasional, atau WTO (World Trade Onganisation) Merupakan organisasi Perdagangan yang bertujuan untuk mema­jukan perdagangan internasional agar tercipta suasana yang dapat membatasi atau mengadakan peraturan yang bersifat me­nghambat kelancaran pertukaran barang-barang internasional, dan berusaha untuk meningkatkan volume perdagangan dunia dengan cara meliberalisasikan perdagangan internasional.

4.  GATT (General Egreement on Tariff and Trade) atau Persetujuan Umum tentang Tarif dan Perdagangan.
Didirikan atas dasar perjanjian di Jenewa, Swiss. Merupakan persetujuan internasional dengan maksud untuk mengurangi a­tau menghilangkan rintangan-rintangan perdagangan internasional, khususnya tarif dan bea cukai yang tinggi yang ternyata menghambat ekspor impor antar negara.

5.   IFC (International Finance Corporation) atau Badan Keuangan Internasional.
IFC didirikan pada tanggal 24 Juli 1956 bertugas memberikan pinjaman kepada pengusaha swasta dan membantu mengalihkan investasi luar negeri ke negara-negara sedang berkembang, Sedangkan tugasnnya adalah memupuk perkembangan ekonomi di­negara-negara anggota, terutama memberikan kredit jangka panjang kepada pengusaha swasta tanpa jaminan dan pemerintah.

6.  IDA (International Development Association) atau Perhimpunan Pembangunan Internasional.
IDA didirikan tahun 1960 di Washington DC, Amerika Serikat, dengan tujuan untuk mendorong kemajuan ekonomi negara-negara yang sedang berkembang dan memberi pinjaman dengan syarat pinjaman yang ringan. Baca juga selengkapnya....

Categories:

MATERI DAN ARTIKEL LAIN YANG BERKAITAN.......