STRATEGI DALAM BISNIS FRANCHISE

;


Franchising
Salah satu cara mudah memulai bisnis sendiri adalah dengan ikut serta bisnis franchise (waralaba). Peminat waralaba tinggal memilih usaha apa yang ingin dia jalani, tentu dengan menyesuaikan kemampuan modal dan keahlian yang dimilikinya.
Varian bisnis franchise sendiri cukup luas. Mulai dari usaha makanan, laundry, pakaian, hingga jasa pindah. Tiap bisnis juga bisa dimulai sesuai kemampuan modal karena pemilik waralaba biasanya membuat level-level yang bisa dipilih calon pembeli lisensi.

Sebelum memutuskan memilih franchise tertentu, pastikan Anda memiliki semua yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini seperti yang dilansir situs konsultanwaralaba.com.
Pengetahuan

Tahap awal semua usaha adalah memiliki pengetahuan tentang usaha yang akan Anda masuki. Lakukanlah riset tentang sistem dan jenis waralaba yang Anda minati. Perkaya juga 'modal' Anda dengan pengetahuan mengenai aspek hukum yang berhubungan dengan bisnis tersebut.

Modal
Perhitungkan modal yang Anda miliki ketika akan menentukan jenis bisnis waralaba yang akan Anda geluti. Jika belum yakin, mulailah dengan level paling rendah yang ditawarkan pemberi waralaba. Pastikan Anda juga mampu memenuhi persyaratan lain seperti ketersediaan ruang dan tempat berjualan.

Mengikuti sistem

Setelah menjatuhkan pilihan pada satu jenis waralaba, fokus dan berkomitmenlah untuk mengikuti sistem yang ditentukan pemberi waralaba. Pastikan Anda tidak menyalahi aturan yang telah disepakati bersama.

SDM berkualitas

Jika akan mempekerjakan orang lain, pastikan mereka memiliki kualitas yang dapat mendukung usaha Anda. Jangan lupa untuk meningkatkan kemampuan pegawai Anda dengan mengikutsertakan mereka pada berbagai pelatihan secara berkala.

Jangan hanya fokus pada sistem pemasaran dan manajemen, tetapi lupa pada pengembangan profesionalitas pegawai. Sebab, merekalah yang menjadi garda terdepan dalam pengembangan usaha waralaba Anda.

Manajemen yang baik

Kepopuleran merek waralaba yang kita usung tidak akan ada artinya jika kita tidak mengelola usaha kita dengan baik. Manajemen di sini tidak melulu mengenai kondisi keuangan, tetapi juga bagaimana mempertahankan dan mengembangkan usaha.

Buatlah perencanaan bisnis dengan matang. Meskipun pemberi waralaba telah memiliki pakem bisnis tersendiri, bukan berarti Anda tidak perlu merencanakan bisnis Anda. Dengan perencanaan yang baik, tidak mustahil usaha Anda akan berkembang pesat, atau bahkan Anda memulai merek waralaba sendiri.

Inovatif dan kreatif

Hal lain yang juga diperlukan untuk mengembangkan bisnis waralaba Anda adalah inovasi dan kreativitas. Berpikirlah di luar kotak untuk mencapai kesuksesan. Misalnya, menggunakan cara-cara unik dalam mempromosikan usaha Anda.

Relasi bisnis
Kesuksesan sebuah bisnis juga ditentukan dengan kemampuan Anda menjaga hubungan dengan relasi bisnis, pelanggan, maupun karyawan di perusahaan Anda.

Konsultasi
Meski saat ini banyak literatur yang memberi penjelasan tentang bisnis waralaba, berkonsultasi dengan konsultan tetap menjadi langkah terbaik untuk mencari solusi atas semua masalah yang Anda hadapi.

Carilah konsultan waralaba yang terpercaya dan berpengalaman. Mereka biasanya akan memberikan bimbingan dari awal hingga Anda mampu menjalankan bisnis Anda sendiri. */okezone (http://www.ciputraentrepreneurship.com)

Categories:

MATERI DAN ARTIKEL LAIN YANG BERKAITAN.......